• home
Home » , » Lampu LED buatan Indonesia

Lampu LED buatan Indonesia

Ilmuwan Indonesia telah membuat lampu LED made in Indonesia!!! Membanggakan bukan? Lampu yang telah dipasarkan dengan merek KUNANG ini mampu mengubah sekitar 80-90 % energy listrik menjadi energy cahaya (bandingkan dengan bohlam biasa yang hanya mampu mengubah 10-20 % energy listrik menjadi energy cahaya). Radiasi panas lampu LED ini sangat kecil (cocok untuk ruang ber AC).

Lampu yang sangat hemat energi ini didesign dan diproduksi oleh Suhandry Salim ilmuwan hebat dari Center for Smart Technologies Surya Univ. Sebelumnya ilmuwan cerdas ini telah banyak melakukan riset dalam bidang nanotechnology, IT, biotechnology (tissue engineering) dsb. Ia membuat lab sendiri di Surya Univ (uniknya ia membiayai sendiri seluruh labnya ini dari berbagai research grant luar negeri yang ia peroleh sebelumnya). Seorang prof Jepang kagum dan menilai lab-nya sebagai salah satu lab dengan sensor terlengkap di dunia.

Kini ilmuwan muda kita ini sedang mengembangkan smart building system yang mampu secara otomatis mengatur suhu, kelembaban, pencahayaan dan musik suatu ruangan sesuai selera tiap orang. Kondisi ruangan ketika pak Ali masuk akan berbeda dengan kondisi ruangan ketika bu Shinta masuk… menyenangkan bukan? Banyak orang datang kepadanya ingin dibuatkan smart system untuk berbagai bangunan (hotel, ruang perkantoran).


Suhandry berharap dapat menurunkan ilmu-ilmunya pada mahasiswa-mahasiswa Indonesia. Ia ingin para mahasiswa ini menjadi inventor-inventor ulung masa depan. Tulis Yohanes surya dalam page resminya di Facebook.

0 comments:

Post a Comment