• home
Home » » Mengail Waktu yang Berkualitas

Mengail Waktu yang Berkualitas



Mungkin Anda seorang pelajar yang super sibuk; sekolah di SMU favorit, pegang jabatan eksekutif di salah satu lembaga kegiatan siswa, atau anda seorang mahasiswa yang sibuk bahkan anda seorang pekerja keras yang sibuk dengan pekerjaan. Wah, gimana cari waktu berkualitasnya?

Jangan khawatir, walaupun Anda bertipe orang sibuk kayak di atas, cara-cara di bawah ini insyallah akan membantu Anda menemukan waktu berkualitas milik Anda:

  • Buatlah daftar sepuluh tugas terpenting yang harus Anda selesaikan dalam waktu dua minggu mendatang. Sekarang, urutkan tugas-tugas itu sesuai dengan prioritas urgensinya.
  • Alokasikan waktu yang layak di samping tiap tugas tersebut, sembari tetap ingat prioritas tugas yang telah Anda susun dan ingat juga agenda harian Anda.
  • Dengan menggunakan stabilo atau alat semacamnya, berilah tanda pada waktu-waktu yang bebas yang tertinggal dalam agenda harian Anda sebagai waktu pikir berkualitas. Bisa jadi rata-rata waktu bebas yang tertinggal adalah sekitar setengah jam. Kita bisa ambil empat atau enam kali waktu bebas itu untuk berpikir optimal. Jadi, waktu bebas total untuk berpikir bisa menjadi dua atau tiga jam.

Bila ternyata Anda tidak menemukan cukup waktu senggang pada agenda harian Anda, periksa kembali alokasi waktu yang telah Anda perkirakan untuk tiap tugas. Lalu, kurangilah di mana yang bisa. Ingat, jika Anda tidak lakukan pengurangan ini, Anda akan beresiko mengambil keputusan yang buruk, atau bahkan tidak mengambil keputusan sama sekali.

0 comments:

Post a Comment