• home
Home » » Tips Asyik Liburan Seru

Tips Asyik Liburan Seru



Beberapa cara yang bisa dihindari dan juga dilakukan saat mempersiapkan dan saat menikmati liburan agar tetap fresh, bebas stres. Gimana caranya? berikut ini beberapa tips yang mungkin saja bisa dilakukan pada saat liburan.

1. Planning waktu liburan

Walaupun memang terkadang kita pergi secara dadakan, tapi lebih baik jika punya planning untuk manajemen waktu liburan anda. Beberapa yang termasuk dalam planning waktu liburan antara lain seputar waktu kapan anda akan pergi berlibur dan kapan akan anda kembali.

Anda bisa menggunakan kalender sebagai bantuan karena itu akan sangat amat membantu anda. Pilih waktu liburan misalnya ketika tanggal merah atau weekend yang anda inginkan atau bahkan anda ingin mengambil cuti? Ini nanti akan terkait lagi dengan pertimbangan lain bagi anda yang tidak suka dengan keramaian.

Tujuan planning waktu ini penting. Pertama, anda bisa mengatur jadwal dan mempersiapkan segalanya. Anda bisa dari jauh-jauh hari menyelesaikan sejumlah pekerjaan yang harus anda selesaikan dan mempersiapkan hal lain seputar barang-barang dan sebagainya. Jangan sampai, segala sesuatu yang mendadak akan menghancurkan segala mood anda saat liburan.

2. Kenali tipe pejalan anda

Sebaiknya anda juga bisa mengenal diri anda sendiri. Maksudnya begini, anda bisa menghindari hal-hal yang sekiranya akan membuat mood anda rusak dan berusaha mencegahnya. Misal, jika anda paling tidak suka keramaian, macet, dan sebagainya, cari tempat dan waktu liburan yang tepat.

Seperti di hari libur nasional, apalagi yang jatuh di akhir pekan. Anda sedikit banyak bisa memprediksi bagaimana lalu lintas menuju tempat wisata A, B, C, dan sebagainya. Lalu perkirakan juga kepadatan di lokasinya. Jika anda termasuk tipe yang tidak menyukai hal-hal yang padat, ramai, bising sebaiknya cari cara.

Bisa dengan mencari alternatif jalan, mengatur waktu keberangkatan (pagi-pagi agar segar dan tidak terlalu macet) atau bisa juga dengan menunda waktu keberangkatan dan memilih hari lain. Berbagai cara bisa anda lakukan.

3. Selesaikan semua pekerjaan penting

Jika anda ingin berlibur dengan tenang, sebaiknya tidak menyisakan atau menunda pekerjaan anda. Apalagi bagi yang pekerja kantoran. Duh... kebayang bagaimana jika berlibur masih disibukkan dan dipusingkan dengan urusan-urusan kerjaan.

Buat timeline yang bagus dan selesaikan semuanya tepat waktu. Ada baiknya jika diselesaikan saat sebelum pergi berlibur, karena kalau ditunda, kita akan semakin pusing karena terlalu banyak menumpuk.

Buat juga note kepada teman-teman kantor atau bisnis bahwa tanggal sekian anda tidak bisa diganggu. Ini akan cukup membuat mereka maklum dan anda bisa lebih tenang.

4. Bawa sesuatu yang anda sukai

Banyak hal yang bisa membuat anda rileks selama di perjalanan. Nah, sebaiknya anda bisa membawa barang-barang tersebut agar bisa membantu menetralisir mood anda yang mungkin bisa jatuh tiba-tiba.

Bagi yang suka musik, silakan mendengarkan musik. Bagi yang suka makan, bawa makan makanan yang menyegarkan seperti buah dan lain-lain. Ini akan kita bahas lagi selanjutnya. Intinya, anda tahu apa yang bisa membuat anda rileks, bukan?

5. Tetap berolahraga

Agar mood tetap terjaga, lakukan olahraga walaupun sedang berlibur. Olahraga akan membantu meregangkan syaraf2 yang tegang dan akan membuat anda lebih rileks. Sedikit saja dan yang ringan-ringan. Misalnya streching, atau lari pagi, bisa juga senam pagi saat berada di hotel dan pilihan lainnya.

6. Hindari junkfood

Sebaiknya, tidak memilih junkfood sebagai teman makanan perjalanan anda. Akan lebih baik jika anda makan makanan yang menyegarkan agar anda ikut tetap fresh dan semangat. Jangan lupa untuk tetap konsumsi air putih.

7. Nikmati apa yang ada

Kadang kala atau bahkan sering, mood akan berubah drastis saat apa yang kita inginkan tidak ada. Sebaiknya buang jauh-jauh kebiasaan tersebut. beradaptasi dengan cepat akan membuat anda lebih enjoy. Nikmati makanan lokal apa adanya, akomodasinya, transportasinya, penduduknya, udaranya, dan lain sebagainya. Hal tersebut akan membuat anda lebih rileks saat berlibur.

0 comments:

Post a Comment